Minggu, 03 November 2013

Cinta yang Awalnya Kuat Ternyata Tetap Rapuh

'Bud, gimana sih rasanya jomblo?', tanya gue ke Budi, temen gue yang udah lama jomblo.
'Ya enak gak enak sih, bebas, tapi kadang sepi'
'Mungkin abis ini gue bakal kayak gitu, Bud', gue terdiam untuk beberapa saat, sebelum gue akhirnya bisa bilang ke Budi, 'Gue jomblo sekarang'.
'Ah masak? Serius lo?', Budi masih gak percaya. 'Tiga tahun lebih lo pacaran, putus? Ada apa sama lo?'
'Iya bud, gue putus', jawab gue makin lesu.

Putus cinta emang gak ada yang bikin seneng, sekalipun pada awalnya cinta itu karena terpaksa. Mungkin pas baru jadian, mereka yang jatuh cinta karena terpaksa jalanin hubungannya biasa-biasa aja, apa adanya perasaan mereka. Urusan peduli? Hati mereka aja awalnya udah kepaksa. Tapi yang pasti, sekalipun mereka jatuh cinta karena terpaksa dan akhirnya putus, mereka pasti sedih. Sedih karena udah pernah mencintai orang yang salah, atau mungkin sedih karena menyesal telah memberikan waktunya untuk orang yang tidak benar-benar dia cinta. Itu perasaan bagi mereka yang terpaksa. Bagi mereka yang awalnya emang saling sayang, dan udah punya komitmen, putus cinta bisa bikin gak makan, gak minum, bahkan sampai ada yang gak mau napas lagi. Cinta emang bisa bikin logika jadi keliatan lebih kecil daripada perasaan.

Dan saat ini, perasaan seperti itu juga yang sedang gue rasain. Logika gue berjalan lebih lambat daripada perasaan gue. Hati gue akhirnya harus kembali hidup sendiri setelah 3,5 tahun hidup dan tumbuh bareng dengan mantan gue. Gue rasa 3,5 tahun bukan waktu yang singkat untuk sebuah hubungan. Hamil aja yang cuma 9 bulan rasanya lama banget kayak 270 hari, eh apa bedanya ya. Intinya, hati gue yang dulu terang berkat dua cahaya yang hidup bersama, kini mulai gelap seiring hilangnya satu cahaya, dan meredupnya satu cahaya yang lain. Itu yang gue tau.

Yang gue gak tau, kenapa hubungan yang gue jaga selama ini cukup usai hanya dalam satu minggu. Iya, seminggu sebelum putus, pacar, eh, mantan gue, minta break (ya gini ini efek kalo susah move on, nyebut mantan aja masih pacar). Alasan dia minta break sih simpel: pengen fokus ke kuliah. Dari sini gue bisa terima dengan status break ini. Gue sangat paham dan gue tau perkuliahan dia emang berat banget, seberat hati gue menerima kenyataan bahwa kita saat ini sudah tidak bersama lagi. Yang gue gak bisa terima adalah kenyataan bahwa seminggu setelah gue putus, mantan gue jalan dengan cowok lain. Dan dari sini gue berpikir, bahwa kata break itu mungkin seharusnya buat dia adalah 'bosan dengan hubungan ini' atau lebih tepatnya 'bosan dengan gue' dan bagi gue break berarti 'detik menuju berakhirnya hubungan ini'.

Apakah hubungan yang selama ini gue jaga ternyata serapuh itu? Apakah semua tujuan yang kita bangun masih gak sanggup menopang hubungan kita? Apakah semua yang kita mimpiin terlupakan gitu aja? Keyakinan kita sejak awal hubungan apakah udah luntur gitu aja?
Berawal dari semua itu, gue belajar, bahwa cinta yang awalnya kuat pun ternyata tetap rapuh. Dan gue juga belajar bahwa cinta harus itu seperti rubik, kita perlu mindah-mindahin kotak satu per satu sebelum akhirnya menemukan satu bentuk utuh yang sempurna. Dan kotak itu adalah hati.


10 komentar:

  1. Hitam Dekil Tengil, mesti nya di tambah satu lagi, kurang lengkap rasanya. Gokil. Hahaha

    Anyway, sabar aja bro, jangan larut dalam kesedihan. Saya sudah 1 semester ngejomblo. Terkadang kalo liat orang pacaran iri juga, belum lagi ejekan dari teman. And I'm gonna be fine. No problem..

    BalasHapus
  2. haha makasih makasih :D

    iya kalo jomblo gini lihat orang pacaran apalagi pacarannya mesra gitu iri dengki gundah gulanah udah -_- rasanya pengen aja nusuk palanya pake sekop -_-
    iya yang penting sabar bro :D

    BalasHapus
  3. gokil dekil hitam ngenes lagi., tapi orang jomblo itu lebih populer dari yang gak jomblo dikalangan cewek.. :D

    BalasHapus
  4. Sabar akang atuh :D
    Salm Kenal Dari Blog Zufar Rizal , Follow : http://b-z-r.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Tulisan yg menarik. Salam kenal y...

    BalasHapus
  6. Keren tulisannya.. #keepblogwalking

    BalasHapus
  7. bagus tulisannya,...
    salam kenal yak,...

    BalasHapus
  8. eh Cal, lama banget gue gak liat blog lu, "03 November 2013", habis ini 2015. Apa kabar lu sekarang?

    BalasHapus

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia